0271-626499 redaksi.timlo@gmail.com
Timlo.net

Konsumsi Listrik Wong Solo Naik 10 %

Gedung PT PLN APJ Surakarta yang berlokasi di Jl Slamet Riyadi, Purwosari (Dok. Timlo.net/Andi Penowo)

Solo — PT PLN Area Pelayanan dan Jaringan (APJ) Surakarta mencatat, konsumsi listrik Wong Solo di sepanjang 2011 lalu naik sekira sepuluh persen dari tahun sebelumnya. Dengan kenaikan ini otomatis beban listrik badan usaha berpelat merah tersebut turut mengalami lonjakan hingga 20 Megawatt (MW).

Hal itu diungkapkan Pejabat Humas PT PLN APJ Surakarta, Soeharmanto, saat ditemui di ruang kerjanya, Rabu (25/1). Menurutnya, kenaikan tersebut tidak lepas dari kian bertumbuhnya sektor properti di Kota Solo. Mengingat di sepanjang 2011 banyak proyek pembangunan perumahan, mall, retail modern maupun hotel.

Kenaikan konsumsi listrik ini, diakui Soeharmanto, masih lebih banyak disumbang sektor industri ketimbang pelanggan dari kalangan rumah tangga. Pihaknya pun memerkirakan, tahun ini konsumsi listrik di APJ Surakarta bakal kembali naik di kisaran enam persen hingga sepuluh persen. Mengingat bakal berdiri hotel baru serta retail modern di Kota Solo dan sekitarnya.

Sementara itu, saat ini beban puncak di malam hari mencapai 410 MW. Selama sambungan listrik di sejumlah pusat bisnis baru belum terpakai, menurut Soeharmanto, beban puncak masih mampu dipertahankan pada kisaran tersebut.



Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge