0271-3022735 redaksi@timlo.net
default-logo

Soal NIK, Eksportir Bisa Registrasi Online

- Timlo.net
Dok. Timlo.net/Mint

Dok. Timlo.net/Mint

MEBEL ROTAN-Kerajinan mebel rotan yang diekspor ke sejumlah negara di berbagai belahan benua

Solo - Direktorat Jenderal (Ditjen) Bea Cukai Kementerian Keuangan awal tahun ini mulai memberlakukan persyaratan Nomor Induk Kepabeanan (NIK) untuk mendukung aktivitas ekspor-impor. Sementara bagi eksportir yang belum memegang NIK, Ditjen bea cukai masih memberikan toleransi mengadakan aktivitas perdagangan dengan syarat harus melakukan registrasi secara online.

Seperti diungkapkan staf Registrasi Subdit Bea Cukai, M Ayub YP, hingga kini pemerintah masih terus memfasilitasi eksportir untuk mendapatkan NIK. Secara teknis, eksportir diwajibkan melakukan registrasi secara online sebagai syarat pendaftaran.

Ditjen Bea Cukai pun telah menjanjikan NIK bisa didapat paling lambat 14 hari dari proses registrasi online. Lebih lanjut, Ayub mengatakan, untuk memfasilitasi pelayanan NIK, Ditjen Bea Cukai juga telah menyiapkan Posko di seluruh KPP Bea Cukai sebagai upaya untuk menyelesaikan persoalan kepabeanan.

“Sampai sekarang eksportir yang belum punya NIK masih tetap bisa dilayani. Ada empat komponen yang dilayani, di antaranya eksportir, importir, pengusaha pengguna jasa kepabeanan (PPJK) dan jasa pengangkut,” kata dia, di sela-sela acara sosialisasi NIK, di Galeri Resto, beberapa waktu.

Sementara itu, Ketua Asosiasi Industri Permebelan dan Kerajinan Indonesia (Asmindo) Solo, David R Wijaya, mengaku sejauh ini pihaknya belum menerima laporan terkait kepemilikan NIK dari sekira 200 anggotanya.

NIK sendiri merupakan panduan registrasi pelaku usaha ekspor dan impor, termasuk PPJK dan jasa pengangkutan yang tertuang dalam Peraturan Menteri Keuangan (PMK) No.63/PMK.042/2011 tentang registrasi kepabeanan. Adapun upaya sosialisasinya sudah dilakukan sejak Juni 2011 lalu. Selain di sejumlah kota besar di Indonesia, proses sosialisasi dilakukan pula melalui media massa.

Berita Terkait

Komentar Anda

Tinggalkan Pesan

*

KEMBALI KE ATAS