0271-3022735 redaksi@timlo.net
default-logo

Lembah Hijau Multi Farm, Manfaatkan Limbah Secara Terpadu

Dok. Timlo.net/Sahid Sutanto

Dok. Timlo.net/Sahid Sutanto

Peternakan dan pertanian modern Lembah Hijau Multi Farm

Sukoharjo – Peternakan dan pertanian modern, Lembah Hijau Multi Farm ( LHM’s ) di Desa Triyagan Kecamatan Mojolaban Sukoharjo, menerapkan sistem pemanfaatan dan pengolahan limbah secara terpadu. Limbah dari kotoran ternak dan sisa makanan, diolah dan dimanfaatkan sebagai pupuk organik serta bio gas.

Suharto pemilik Lembah Hijau Multi Farm menjelaskan, dalam sistem pemanfaatan limbah secara terpadu yang diterapkan LHM’s, limbah dari kotoran dan sisa makanan ternak tidak akan mencemari lingkungan.  Semua limbah dari kotoran maupun sisa makanan dapat dimanfaatkan dan diolah sebagai bahan pupuk organik serta biogas.

“Dengan penerapan sistem pengolahan limbah terpadu ini, kita sedikitpun tidak mencemari lingkungan. Sistem ini kita namai no useless atau tidak buang limbah. Semua limbah baik kotoran dan sisa pakan ternak, langsung diolah untuk bahan pupuk organik dan biogas,” jelas Suharto kepada timlo.net beberapa waktu lalu.

Pihaknya berharap pemanfaatan limbah secara terpadu, juga dapat diterapkan oleh para peternak sehingga memberikan tambahan fungsi dan penghasilan tambahan, dari produk limbah berupa pupuk organik dan bio gas juga dapat dijual. “Saya harap sistem ini juga diterapkan para peternak, agar tidak mencemari lingkungan. Toh, juga ada tambahan income dari produk pupuk organik dan biogas tersebut,” tambah Suharto. (ss)

Berita Terkait

Komentar Anda

Tinggalkan Pesan

*

KEMBALI KE ATAS