0271-3022735 redaksi@timlo.net
Timlo.net

SMKN 2 Solo, Jadi Industri Otomotif Rumah Tangga

- Timlo.net

Solo – Kepala sekolah SMKN 2 Solo, Drs. Susanta MM yang ditemui kemarin (3/1) menanggapi para muridnya yang sukses dan mampu membuat mobil yang tak kalah dengan buatan luar negeri, ia mengaku punya gagasan tersebut yang tentunya tak lepas dari pembinaan Direktorat Pembinaan Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) dan ini timbal balik antara Direktorat dan SMK.

“Sekolah ini ada satu program teaching industry yang salah satunya Industri Otomotif ini. Sejak tahun 2009 kami selalu mengadakan event-event dan pak walikota kita undang dan beliau langsung terkesan dan tahu prosesnya. Perakitan ini di teaching factory dan penyempurnaannya di klaten,” ungkapnya.

Menurutnya dari sasis mobil, mesin, hingga body ada nuansa yang berbeda. “Sehingga jadilah pak walikota senang dan beliau percaya kendaraan itu layak pakai,” ujarnya.

Kedepannya, Susanto berharap jika nantinya akan mengembangkan menjadi industri otomotif rumah tangga dan suatu ketika mereka lulus bisa kita kembangkan terus supaya tidak terputus, bukan hanya sekali jadi.

“Bentuknya yang dipakai pak walikota khusus, enak dikendarai, irit, cc 1.500, tenaganya kuat,” ucapnya.

Sementara itu, ditanya mengenai 2 mobil pick up yang saat ini ditempatkan di Solo Techno Park (STP), Susanto menjawab jika pick up itu diberi dari Direktorat Pembinaan Sekolah Menengah Kejuruan (SMK). “Pick up sudah dirakit dan datang dua minggu kemarin, yang diberi itu SMKN 2 Solo dan SMKN 5 Solo,” katanya.

“Alat uji kita sudah ada, yang nantinya untuk perakitan komponen body, mesin, sasis, komponen engine dan sebagainya. Dirakit dan dipasang setelah itu final cek secara keseluruhannya mulai dari menghidupkan mesin, control dan lain-lain. Sudah final cek, tes jalan, jadi semua harus berfungsi baru keluar,” paparnya.

Berita Terkait

Komentar Anda

Tinggalkan Pesan

*

KEMBALI KE ATAS