0271-3022735 redaksi@timlo.net
Timlo.net

Jelang Qurban, Harga Sapi dan Kambing Naik

- Timlo.net

Klaten – Harga hewan kurban jenis sapi dan kambing disejumlah pasar hewan di Kabupaten Klaten mulai meningkat menjelang perayaan Hari Raya Idul Adha  1432 Hijriyah atau sering disebut Hari Raya Qurban.

Pantauan Timlo.net di Pasar Hewan Jatinom, Rabu (5/10), peningkatan harga terjadi pada ternak jenis sapi metal dewasa yang mencapai Rp 8 juta per ekor. Harga ini naik Rp 1 juta dari harga sebelumnya yang hanya Rp 7,5 juta per ekornya.

Sementara untuk sapi jenis Jawa usia dewasa kini mencapai Rp 5 juta per ekor. Sebelumnya sapi jenis ini berharga Rp 4,5 juta per ekornya. Sedangkan untuk harga kambing di pasaran kini mencapai Rp 1 juta, atau naik Rp 200 ribu dari harga sebelumnya yang hanya Rp 800 ribu.

“Kenaikan harga untuk sapi sudah dua pekan terakhir ini. Dimana kenaikan dipengaruhi karena mendekati perayaan kurban pada November mendatang,” ujar Harsono (54) pedagang sapi di Pasar Hewan Jatinom, Rabu (5/10).

Pasar Hewan Jatinom merupakan pasar hewan terbesar di Klaten dengan tingkat jual-beli rata-rata 200 ekor sapi setiap Legi (pasaran Jawa). Pasar yang memiliki luas 2.000 meter persegi ini mampu menampung 900 ekor sapi.

Sementara itu, kenaikan harga sapi dan kambing juga terjadi di Pasar Hewan Prambanan, Klaten. Selain mendekati perayaan kurban, faktor membaikknya panen tembakau di wilayah ini juga berpengaruh pada kenaikan harga sapi dan kambing di wilayah ini.

Berita Terkait

Komentar Anda

Tinggalkan Pesan

*

KEMBALI KE ATAS