0271-3022735 redaksi@timlo.net
default-logo

Belum Kantongi Ijin Gangguan

KPT Tuding Peternakan Ayam di Jogonalan Ilegal

- Timlo.net

Klaten – Usaha peternakan ayam di Dukuh Candi, Desa Rejoso, Kecamatan Jogonalan, Kabupaten Klaten dinyatakan ilegal. Pasalnya, usaha tersebut belum mengantongi ijin gangguan (HO). Demikian diungkapkan Kepala Kantor Pelayanan Terpadu (KPT) Klaten, Surti Hartini kepada wartawan, Selasa (20/9).

Menurutnya, usaha peternakan itu mestinya harus mengurus ijin HO sebelum mengoperasikan usahanya. “Kami hingga kini juga belum menerima pengajuan ijin HO dari pemilik peternakan,” ujarnya.

Sebelumnya, warga yang pro dengan keberadaan usaha peternakan ayam milik Warjono (40) warga Dukuh Candi RT 12/RW II, Desa Rejoso,  Kecamatan Jogonalan ini sempat melakukan perlawanan saat usaha ini akan ditutup pada Senin (19/9) kemarin.

Kuasa Hukum Warjono, Riskam mengatakan, keberadaan ijin gangguan (HO) bagi usaha peternakan milik kliennya belum perlu. Sebab, ijin gangguan hanya diperuntukkan bagi perusahaan besar.

“Sedangkan usaha milik Warjono ini hanya berkapasitas kecil. Dan ini merupakan usaha peternakan rakyat sehingga tidak perlu ijin gangguan,” ujarnya.

Sebab, kata Riskam, usaha peternakan ayam milik Warjono selama ini tidak mengganggu kenyamanan warga yang berada disekitarnya. “Justru dengan adanya usaha peternakan ayam itu banyak membantu warga yang menganggur, karena tenaga kerja yang diambil merupakan warga sekitar,” imbuhnya.

Berita Terkait

Komentar Anda

Tinggalkan Pesan

*

KEMBALI KE ATAS