0271-3022735 redaksi@timlo.net
default-logo

Evaluasi Diri Sekolah

Buat EDS, Sekolah Harus Jujur

- Timlo.net

Solo – Sekitar 80% Evaluasi Diri Sekolah (EDS) di Kota Solo belum dibuat apa adanya. Hal ini diungkapkan pengawas SMP, Drs H. Rachmat S MPd, baru-baru ini. Menurutnya, ada tingkatan-tingkatan yang dilakukan setiap pengawas. "Pertama, setiap pengawas harus pengampu 10 sekolah, di mana satu sekolah itu terdiri dari 5 orang (kepala sekolah, komite, orangtua wali murid, dan 2 guru senior). Tahapannya itu ya penyelesaian EDS, materi sekolah untuk menyusun EDS. Nah dari itu semua, pengawas memantau pada kunjungan EDS masing-masing. Pemantauan itu jika tidak benar ya disempurnakan dan itu untuk job training pertama,” ujarnya.

Dijelaskan, pengawas dan pendamping (pengawas yang ditugasi dari LPMP) menyusun EDS dan drafnya. “Penyusunan itu ada 4 tahap, ya intinya itu sekolah harus jujur,” tandasnya.

“Kesimpulannya, mengumpulkan EDS dan RKAS, yang penting itu pemahamannya dari sekolah masing-masing. Kalau sekolah tidak jujur, ya yang rugi sekolah itu sendiri,” tegasnya.

Lanjut Rachmat, kendala yang masih terjadi yakni adanya pemahaman, belum bisa mempelajari yang sebenarnya serta kejujuran itu tadi.

Komentar Anda

Tinggalkan Pesan

*

KEMBALI KE ATAS