0271-3022735 redaksi@timlo.net
Timlo.net

Jelang Ramadhan, Harga Sapi di Pasaran Naik

- Timlo.net

Klaten – Menjelang bulan Ramadhan, harga sapi lokal di Kabupaten Klaten yang dipasok dari berbagai daerah terus mengalami kenaikan. Pantauan di Pasar Hewan Jatinom, Minggu (17/7), harga sapi dewasa saat ini mencapai Rp 6,5 juta-Rp 7 juta per ekor atau rata-rata naik Rp 500.000 per ekornya dari harga sebelumnya. Diprediksi harga akan terus naik medekati Lebaran nanti.

Gito (54) pedagang sapi asal Karangnongko menuturkan kenaikan harga lantaran kondisi pasar yang semakin ramai menjelang Ramadhan. Dia mengaku pada bulan Ruwah (Jawa) yang bertepatan pada Juli ini pasaran sapi memang cenderung ramai.

Dalam setiap pasaran, Gito mengaku mampu mendapatkan Rp 8,7 juta dari penjualan dua ekor sapi miliknya. Masing-masing untuk sapi dewasa dijual Rp 7 juta dan Rp 1,7 juta untuk sapi yang masih berumur 4 bulan. 

Yanto (50), pedagang daging sapi mengaku sengaja membeli stok 4 ekor sapi seharga Rp 18 juta, dengan masing-masing sapi dibelinya dengan harga Rp 6 juta per ekor. Dirinya berencana akan menjual kembali stok sapi itu dalam bentuk daging untuk persiapan mendekati Lebaran. “Saya yakin mendekati Lebaran nanti harga untuk daging sapi akan naik,” ujarnya.

Pasar Hewan Jatinom merupakan pasar hewan terbesar di Klaten dengan tingkat jual-beli rata-rata 200 ekor sapi setiap pasaran Legi (Jawa). Pasar yang memiliki luas 2.000 meter persegi ini mampu menampung 900 ekor sapi.

Berita Terkait

Komentar Anda

Tinggalkan Pesan

*

KEMBALI KE ATAS