0271-3022735 redaksi@timlo.net
Timlo.net

Bermitra Dengan UKM Melalui Bisnis Online

- Timlo.net

Solo – Seiring perkembangan teknologi, pemasaran produk melalui dunia maya tengah marak dikembangkan sejumlah pelaku bisnis di manapun. Ya, pasalnya sistem pemasaran seperti ini terasa lebih efektif, bukan hanya tidak perlu membuka toko ataupun kios, namun jangkauan pemasaran juga menjadi lebih luas.

Tren pemasaran via online ini rupanya telah memberi inspirasi Zainal Muttaqin untuk turut meramaikan pasar dunia maya. Pria yang menjabat sebagai Chief Executive Officer PT Mbah Asmo Mandiri ini pun lantas melirik sektor usaha kecil dan menengah (UKM) sebagai basis bisnisnya. Melalui alamat web yang diberi label “kleweronline.com”, ia mencoba bermitra dengan para pelaku UKM di kawasan Soloraya.

“Bisnis ini baru kami launching pekan ini di Diamond Solo Convention Center (DSCC) dan sudah ada enam klien yang sepakat menj adi mitra kami. Rata-rata usaha mereka aksesori,” tuturnya kepada Timlo.net di stand-nya, di sela-sela pameran produk asli Indonesia, di DSCC, Kamis (23/6).

Zainal pun menyebutkan alasannya menggandeng UKM lantaran sektor ini dinilai cukup potensial. Tak sekedar demi bisnis saja ia mengembangkan sistem pemasaran via online, melalui kleweronline.com dirinya juga berupaya membantu pemasaran para pelaku UKM. Dan uniknya, Zainal tak meminta bayaran sepeserpun dari sang mitra untuk memajang produk mereka di web miliknya.

Sistem pemasaran yang saat ini tengah ia coba rintis, yakni menjalin kerjasama pemasaran dengan terlebih dulu melakukan survei atas produk calon mitra guna mendapatkan data. Selanjutnya, dilakukan pemrosesan data menggunakan sistem One Day Processing (ODS) agar dalam satu hari bisa segera online.

Tak hanya sampai di situ, Zainal pun mengaku menangani transaksi secara menyeluruh mulai dari permintaan order hingga menjemput barang ke mitra. Bahkan, pihaknya juga menangani sendiri pengiriman produk ke konsumen, sehingga tak merepotkan mitra bisnis.

Berita Terkait

Komentar Anda

Tinggalkan Pesan

*

KEMBALI KE ATAS